PENGERTIAN FIKSI

Pengertian Fiksi

Fiksi atau cerita – prosa Fiksi adalah sebuah tulisan / karangan yang isinya berupa khayalan, imajinasi, fiktif, tidak sesuai kenyataan dalam kehidupan. Tapi isi cerita bisa masuk akal dengan kehidupan sehari – hari (mengandung kebenaran) yang menceritakan hubungan antar manusia.

Menurut para ahli

Aminuddin (2002:66)

Adalah kisahan atau ceritera yang diemban oleh pelaku – pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, serta tahapan dan rangkaian ceritera tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya, sehingga menjalin suatu cerita.

M. Saleh Saad dan Anton M. Muliono dalam “Tjahjono, 1998:106)

Mengemukan pengertian prosa fiksi “fiksi, prosa narasi, narasi, ceritera berplot, ceritera  rekaan (disingkat cerkan) ialah bentuk ceritera atau prosa kisahan yang mempunyai pameran, lakukan, peristiwa alur yang dihasilkan oleh daya imajinasi.

H.B Jassin (dalam Suroto, 1989)

Mengungkapkan bahwa prosa ialah pengucapan seseorang penyair dengan pikiran berbeda dengan puisi yang merupakan pengucapan penyair dengan perasaan.

Zainuddin (1991)

Memberikan pengertian bahwa prosa ialah pengungkapan peristiwa secara jelas dengan menguraikan seluruh pikiran dan juga seluruh perasaan serta tidak terikat syarat -syarat tertentu dalam sebuah karya sastra.

Komentar